Wednesday, May 25, 2011

PERJALANAN FILSAFAT

Dalam pembelajaran Filsafat minggu kemarin, didapatkan beberapa tentang Filsafat. Permasalahan tersebut dituangkan dalam soal-soal jawab singkat yang dilakukan oleh bapak dosen. Berikut ini sedikit ulasannya.

Filsafat merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang segala aturan yang ada di muka bumi ini beserta hokum-hukumnya. Obyek dalam filsafat adalah meliputi ada dan yang mungkin ada. Dan oleh pikiranlah antara yang ada dan yang mungkin ada tersebut itu dapat dihubungkan satu sama lainnya. Abstraksi merupakan unsure dari reduksi. Abstraksi berupa pikiran-pikiran imajinatif yang nantinya akan berguna dalam membangun dunia. Anti dari filsafat adalah merupakan filsafat itu sendiri. Karena berfilsafat itu juga bermakna berpikir kritis, maka untuk berfilsafat memerlukan pikiran yang dalam keadaan kesadaran yang sesadar-sadarnya. Para Filsuf tidak dapat lari dari yang namanya filsafat, karena para Filsuf tersebut selalu berpikir dalam menemukan ide-ide yang sangat bermakna dan berguna dalam kehidupan kita sekarang ini. Di dalam filsafat ada 4 unsur-unsur yang terpenting dari pendidikan karakter yang dilakukan di Indonesia. Yaitu komunikasi material, komunikasi formal, komunikasi normatif dan komunikasi spiritual. Dalam filsafat ada 2 hal yang dibutuhkan untuk mentransformasikan sebuah dunia, yaitu ruang dan waktu. Dalam mempelajari filsafat, kita hendaknya harus tetap berada dan relative terhadap ruang dan waktu. Definisi filsafat secara subyektif adalah diriku. Karena diriku yang sedang berfilsafat. Diriku sedang membangun filsafatku sendiri. Apa yang ada di dalam pikiranku, itulah diriku. Dan bahasa yang digunakan dalam berfilsafat adalah bahasa analog. Yang memiliki unsure subyek dan predikat. Unsure subyek tidak dapat berdiri sendiri tanpa adanya predikat yang mengikuti. Berlaku juga sebaliknya. Bahwa predikat tak bisa berdiri sendiri tanpa didahului suatu subyek. Menurut Emanuel Khant definisi pikiranku adalah duniaku. Karena, bila kita ingin melihat dunia, tengoklah pikiranmu. Karena dunia persis seperti apa yang kamu pikirkan. Sokrates merupakan filsuf yang tidak tahu apa-apa. Karena dia selalu menciptakan banyak pertanyaan-pertanyaan. Dan suatu waktu dia menyaadari bahwa dirinya itu sedang bingung.

Dalam kehidupan ini, kita dapat juga terbang. Kita dapat terbang, jikalau kita selalu berpikir kritis. Berpikiran yang selalu berkembang seiring dengan perkembangan era. Aksiden adalah sifat yang dijatuhi oleh sifat yang lain. Sifat determinis yang barada dalam diri manusia hanya akan menjadikan seseorang mempunyai dosa. Karena sifat tersebut tidak baik dipelihara dalam diri kita. Idealisme adalah unsure kelengkapan dalam kehidupan. Dan idelisme merupakan filsafat yang obyeknya berada di dalam pikiran.

Orang yang paling seksi dalam elegy, menurut pak Marsigit adalah Barrack Obama. Dalam hal ini dam penentuan orang yang paling seksi sangatlah subyektif. Filsafatnya hidup adalah pilihan yaitu reduktionis. Reduksi secara umum berarti pengurangan, tetapi dapat juga bermakna memilih antara yang ada dan yang mungkin ada. Sesuatu yang ada di depan kita merupakan pilihan. Tinggal kita mau memilih mana jalan yang terbaik untuk kehidupan kita kelak. Hidup penuh rintangan dan hambatan. Tetapi jangan jadikan hambatan itu hal yang akan membuat kita kecewa pada akhrnya.

Dalam pertanyaan kemarin yang diujikan terdapat pertanyaan ” mengapa filsafatku arogan?”. Dan dijawab karena filsafatku tidaklah menyebutkan gelar dari para tokoh-tokoh filsuf yang disebutkan. Misalakan dalam menuliskan Aristoteles. Tidak menggunakan Prof atau Dr atau sebutan yang lainnya. Dan kenapa filsafatku lancang?. Karena “aku Selalu Berani Mengatakan Benar sebagai Benar dan Salah sebagai Salah di Hadapanmu; sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka Dirimu tidak merasa Nyaman”. Dan mengapa juga filsafatku itu filsafat yang sombong?. Karena “aku Selalu Merasa Berfilsafat ketika berhadapan denganmu; sementara aku mengetahui bahwa jika aku melakukan hal demikian maka Dirimu tidak merasa Nyaman”.

Infite regres adalah sesuatu yang takberbatas. Sesuatu yang tak terbatas ini mempunyai banyak sekali kemungkinan. Misalkan berpikir yang tak terbatas. Berpikir yang tertinggi dalam tataran kehidupan ini adalah refleksi. Maka berfilsafat itu disebut juga sebagai berpikir refleksif. Incommensurability adalah dua jenis ukuran dengan skala yang berbeda yang digunakan untuk mengukur hal yang sama. Dan tokoh yang pertama kali menggunakan adalah Phytagoras dengan teorema phytagorasnya. Filsafatnya burung berkicau dipagi hari menurt elegy dari pak Marsigit adalah inovasi. Inovasi juga termasuk dalam tataran berfilsafat. Inovasi memerlukan berpikir untuk mencapai inovasi. Dari suatu teorema dapat dibuat beberapa inovasi dari itu semua. Inovasi juga memerlukan daya juang berpikir yang memerlukan logika tingkat tinggi. Inovasi juga merupaka cara berpikir yang kreatif, sebagai cara mencari kesempurnaan. Filsafatnya jangkrik mengerik disore hari adalah tradisional. Bila tidak ada tradisional, tidak ada yang modern. Tradisonal merupakan sumbu kehidupan yang berujung modern. Tradisional akan bermanfaat bila dikembangkan lagi sesuai tuntutan zaman. Dengan cara yaitu inovasi. Inovasi akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Sesuatu hal yang ada sekarang ini juga merupakan hasil inovasi dari orang –orang yang mau berpikir untu meningkatkan daya guna suatu barang.

Unsure terpenting pembentuk dunia adalah aku dan bukan aku. Karena aku adalah tidak satu-satunya unsure kehidupan di bumi ini. Akan lebih lengkap jika ditambah dengan bukan aku. Karena yang bukan aku itu akan lebih banyak dari aku itu sendiri.Dalam mempelajari filsafat, terdapat dua sumbu yang akan menghubungkan satu dengan yang lain. Dan sumbu itu juga bermanfaat bagi sumbu-sumbu yang lainnya. Sumbu ontology merentang dari intensif ke ekstensif. Sumbu epistimologi merentang dari benar ke yang salah. Dan sumbu aksiologi merentang dari baik dan yang buruk, etik dan estetika. Kutup ruang dari jauh ke dekat, kutup waktu dari lampau, sekarang ke masa yang akan datang.Demikian apa yang dapat saya tangkap dari perkuliahan minggu kemain. Semoga dapat bermanfaat bagi diri saya dan orang lain yang membaca.

Referensi :

http://powermathematics.blogspot.com

No comments:

Post a Comment